MEDIA RILIS KORPORASI

Blog Untuk Rilis Korporasi

KREDIT MARITIM BANK MANDIRI TUMBUH 118%

leave a comment »

logomandiriBANK Mandiri mencatat pertumbuhan kredit maritim sebesar 118% dalam 2 tahun terakhir (2206-2008) atau rata-rata per tahun sebesar 54%. Dirut Bank Mandiri Agus Martowardojo dalam seminar ‘Membangun Kejayaan Maritim Indonesia’ di Hotel Nikko, Jakarta, belum lama ini, mengatakan pada 2006 besarnya kredit maritim mencapai Rp1,277 triliun, naik menjadi Rp1,895 triliun pada 2007 (tumbuh 48,39%) dan Rp3,019 triliun pada 2008 (59,31%). Sebagian besar disalurkan ke segmen komersial khususnya pembiayaan pelayaran.
“Sebagian besar kredit yang disalurkan merupakan kredit segmen komersial khususnya untuk pembiayaan di bidang pelayaran yakni mencapai 73,6%, sedangkan segmen korporasi dan small sebesar 25,1% dan 1,3%. Sampai saat ini, Bank Mandiri telah membiayai sektor ini yang teintegrasi dari hulu ke hilir,” ujarnya.
Pembiayaan dari hulu ke hilir ini, lanjutnya, selain mampu menyerap banyak tenaga kerja, industri transportasi laut juga mampu menarik industri lainnya untuk berkembang. “Kami melihat potensi di bidang ini masih cukup besar. Hingga tahun 2010 kebutuhan kapal Indonesia diperkirakan mencapai 654 unit dengan total dana sebesar US$4,6 triliun,”katanya.
Menurut dia, kebutuhan terbesar terdapat pada kapal berjenis coal carrier seiring dengan potensi pengangkutan batubara di Indonesia yang hingga 2010 diperkirakan mencapai 216 juta ton dan 318 juta ton pada 2025. Untuk pengangkutan batubara, paparnya, pangsa kapal Indonesia saat ini hanya sebesar 40% sementara untuk pengangkutan minyak, pangsa kapal Indonesia sebesar 39%.
Dalam 5 tahun terakhir, tutur Agus, perkembangan jumlah armada angkutan laut juga mengalami kenaikan meskipun tidak signifikan. Sepanjang 2007, pangsa kapal nasional untuk angkutan dalam negeri mencapai 65%. Pemberlakuan Inpres No.5/2005 tentang azas cabottage, juga dapat memacu pertumbuhan bisnis cargo domestik serta mendorong produktivitas dan efisiensi pelayanan pelabuhan laut.
“Sebagai negara bahari dan kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi pengembangan industri maritim yang besar dan beragam. Ditunjang oleh stabilitas ekonomi dalam negeri, sektor industri maritim terutama yang terkait dengan transportasi laut domestik diharapkan tumbuh signifikan. Selain itu dengan adanya penerapan kawasan khusus di Indonesia, seperti kawasan industri dan Free Trade Zone, diharapkan dapat mendukung pengembangan industri maritim tanah air,” pungkasnya. (Bank Mandiri)

Written by mediarilis

February 27, 2009 at 2:11 pm

Posted in Bank

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: